Header Ads

New Post

The Flypaper Effect

Money sticks where it hits “ 
Begitulah ungkapan seorang ekonom bernama Arthun Okun yang mendsekripkan bahwa uang itu melekat dimana dia menyentuh dan bukannya menggantikan belanja daerah .
Flypaper Effect adalah fenomena ketika pemerintah daerah melakukan belanja daerah lebih banyak berasal dari pendapatan transfer pusat ( transfer tidak bersyarat / unconditional grants ) dari pada Pendapatan Asli Daerahnya (PAD).
Pemerintah Daerah  kurang mengeksplorasi dan mengoptimalkan potensi pajak di daerahnya dan lebih banyak mengandalkan / merespon transfer dari pusat yang di Indonesia dsebut dengan Dana Alokasi Umum ( DAU ) yang sifatnya unconditional grants . DAU ( Dana Alokasi Umum ) tersebut ditentukan dengan mengurangkan kebutuhan fiscal dengan kemampuan fiscal daerah dan alokasi dasar yang dialokasikan secara keseluruhan dari pemerintah pusat .
Flypaper Effect memiliki efek jangka Panjang dari satu periode ke periode selanjutnya . Terlalu mengandalkan transfer pusat tadi membuat Pemerintah daerah kurang termotivasi dan inovasi untuk memaksimalkan PAD . Selain itu juga dapat menimbulkan Ilusi Fiskal , yaitu saat masyarakat membayar pajak dan mendapatkan kontra-prestasi yang sepadan , akan tetapi pemda dalam memenuhi kebutuhan publik cenderung merespon lebih besar dari pendapatan dari Pemerintah Pusat , sehingga peningkatan belanja daerah tidak sepadan dengan Penerimaan Asli Daerah ( PAD).

Tidak ada komentar