Header Ads

New Post

Poll Tax


Poll Tax atau bisa juga disebut The Community Charge adalah sebuah system pemungutan pajak yang diperkenalkan oleh Margareth Thatcher yang saat itu memimpin Pemerintahan Konservatif di Skotlandia tahun 1989 lalu Inggris dan Wales tahun 1990 . Poll Tax adalah pengenaan pajak per-kapita dengan tarif tetap untuk setiap orang dewasa dengan tarifnya yang ditentukan oleh otoritas lokal. Pengenaan pajak ini tetap memberikan pengurangan kepada mereka yang berpenghasilan rendah ,untuk layanan yang disediakan di komunitas mereka. Hal ini menyebabkan masalah administrative untuk pemerintah daerah karena mereka harus mengidentifikasi setiap orang di sebuah keluarga/rumah tangga khususnya di perumahan siswa dan untuk mereka yang bukan merupakan termasuk daftar pemilih di daerah tersebut . Setiap orang yang bekerja membayar 100% sementara yang tidak bekerja atau sekolah membayar 20%.

Dampak dari Poll Tax
Pada tanggal 31 Maret 1990 sesaat sebelum system pajak ini akan diperkenalkan , di London terjadi kekacauan . Kerusuhan yang melibatkan Lebih dari 200.000 orang yang memenuhi Whitehall dan Trafalgar Square ini melukai setidaknya 100 orang polisi . Dampak dari pemberlakuan system pajak ini adalah banyaknya orang yang menolak untuk membayar .Di beberapa daerah ada yang mencapai 30% sehingga menyulitkan penegakan hukum . Dalam beberapa kasus yang sudah masuk ke ranah pengadilan pun sangat sulit diselesaikan karena masyarakat menolak untuk datang ke pengadilan . Hingga pada 1988 tepatnya pada pertemuan tahunan Partai Buruh ( The Labour Party ) memutuskan untuk mendukung kampanye untuk tidak membayar pajak . Yang berimplikasi pada ditangkapnya Terry Fields karena menolak membayar pajak . 

Nasib Politik Margaret Thatcher
Partai Konservatif mendapat citra buruk akibat penerapan system pajak ini dan mulai terbentuk wacana bahwa system pajak ini harus dihapuskan juga Thatcher  yang harus mundur . Pada November 1990 Michael Heseltine berkontestasi dengan Thatcher pada pemilihan Ketua Partai Konservatif . Meskipun menang dengan 50 votes namun berdasarkan aturan partai maka haruslah diadakan putaran kedua . Melihat ini , Thatcher merasa dirinya sudah kehilangan kepercayaan sehingga dia memutuskan mundur pada 22 November 1990.

Untuk sekarang masih adakah Poll Tax ?
Pada 21 Maret 1991 , John Mayor sebagai perdana Menteri yang baru menghapuskan system Poll Tax dan menggantinya dengan Council Tax yang berlaku hingga sekarang .

2 komentar: