Klasifikasi Biaya
Klasifikasi Biaya
Mengapa biaya perlu diklasifikasikan ? Biaya perlu untuk diklasifikasikan untuk mengetahui pengelompokan data biaya .
Cara yang biasa digunakan untuk mengelompokan biaya adalah dengan mengaitkannya dengan hal-hal dibawah ini :
1. Produk
2. Volume produksi
3. Departmen Produksi , Proses produksi , divisi
4. Periode Akuntansi
5. Keputusan , tindakan atau evaluasi
Biaya dan kaitannya dengan produk
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai biaya dan kaitannya dengan produk . Jika dikaitkan dengan produk maka kita bisa mengkasifikasikannya menjadi 2 yaitu Manufacturing Cost dan Commercial Expenses .
Manufacturing Cost
1. Direct Material
Direct material adalah bahan baku yang menjadi bagian tak terpisahkan dari produk jadi dan dinyatakan secara eksplisit dalam penghitungan cost suatu produk .
2. Direct Labor
Direct labor adalah upah/gaji yang diperoleh pekerja yang mengubah bahan dari keadaan mentah menjadi produk jadi .
3. Factory Overhead
Factory overhead adalah biaya produksi selain direct material dan direct labor . Contohnya indirect materials dan indirect labor .
Commercial Expenses
1. Marketing expenses
2. Administrative Expenses
Operating Cost
Direct Material + Direct Labor = Prime Cost
Prime cost + Factory Overhead = Manufacturing cost
Marketing Expenses + Administrative Expenses = Commercial Expenses
Manufacturing cost + Commercial Expenses = Total Operating Cost
Biaya dan Kaitannya dengan Volume Produksi
1. Variable costs
Contohnya : supplies , bahan bakar , small tools
2. Fixed Costs
Contohnya : gaji eksekutif produksi , depresiasi
3. Semivariable Costs
Contohnya : Inspeksi , Air , Listrik
Biaya dan kaitannya dengan Departmen Produksi
Common Costs adalah biaya atas penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua atau lebih kegiatan .
Joint Costs adalah pembuatan suatu produk yang menghasilkan produk sampingan .
Biaya dan kaitannya dengan periode akuntansi
Capital Expenditure adalah expenditure yang memberikan manfaat jangka Panjang ( lebih dari satu periode ) sehingga dicatat sebagai asset .
Revenue Expenditure adalah expenditure yang memberikan manfaat pada tahun berjalan dan dicatat sebagai asset.
Biaya kaitannya dengan Keputusan , tindakan dan evaluasi
1. Differential cost / marginal cost / incremental cost
2. Out of pocket cost (biaya talangan)
3. Sunk Cost ( biaya masa lalu , dikeluarkan dimasa lalu / biaya tertanam )
4. Opportunity Cost
5. Avoidable and Unavoidable Cost
Tidak ada komentar