Header Ads

New Post

Klasifikasi Biaya


Klasifikasi Biaya
Mengapa biaya perlu diklasifikasikan ? Biaya perlu untuk diklasifikasikan untuk mengetahui pengelompokan data biaya .
Cara yang biasa digunakan untuk mengelompokan biaya adalah dengan mengaitkannya dengan hal-hal dibawah ini :
1.   Produk
2.   Volume produksi
3.   Departmen Produksi , Proses produksi , divisi
4.   Periode Akuntansi
5.   Keputusan , tindakan atau evaluasi

Biaya dan kaitannya dengan produk
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai biaya dan kaitannya dengan produk . Jika dikaitkan dengan produk maka kita bisa mengkasifikasikannya menjadi 2 yaitu Manufacturing Cost dan Commercial Expenses .
Manufacturing Cost
1.   Direct Material 
Direct material adalah  bahan baku yang menjadi bagian tak terpisahkan dari produk jadi dan dinyatakan secara eksplisit dalam penghitungan cost suatu produk .
2.   Direct Labor
Direct labor adalah upah/gaji yang diperoleh pekerja yang mengubah bahan dari keadaan mentah menjadi produk jadi .
3.   Factory Overhead
Factory overhead adalah biaya produksi selain direct material dan direct labor . Contohnya indirect materials dan indirect labor .
Commercial Expenses
1.   Marketing expenses
2.   Administrative Expenses
Operating Cost
Direct Material + Direct Labor = Prime Cost 
Prime cost + Factory Overhead = Manufacturing cost
Marketing Expenses + Administrative Expenses = Commercial Expenses 
Manufacturing cost + Commercial Expenses = Total Operating Cost

Biaya dan Kaitannya dengan Volume Produksi
1.   Variable costs
Contohnya : supplies , bahan bakar , small tools
2.   Fixed Costs
Contohnya : gaji eksekutif produksi , depresiasi
3.   Semivariable Costs
Contohnya : Inspeksi , Air , Listrik

Biaya dan kaitannya dengan Departmen Produksi
Common Costs adalah biaya atas penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua atau lebih kegiatan .
Joint Costs adalah pembuatan suatu produk yang menghasilkan produk sampingan .

Biaya dan kaitannya dengan periode akuntansi
Capital Expenditure adalah expenditure yang memberikan manfaat jangka Panjang ( lebih dari satu periode ) sehingga dicatat sebagai asset .
Revenue Expenditure adalah expenditure yang memberikan manfaat pada tahun berjalan dan dicatat sebagai asset.

Biaya kaitannya dengan Keputusan , tindakan dan evaluasi
1.   Differential cost / marginal cost / incremental cost
2.   Out of pocket cost (biaya talangan)
3.   Sunk Cost ( biaya masa lalu , dikeluarkan dimasa lalu / biaya tertanam ) 
4.   Opportunity Cost
5.   Avoidable and Unavoidable Cost 

Tidak ada komentar